H – 03 |

Setelah kami semua berhasil mengumpulkan dana untuk perjalanan kami melalui sebuah acara kecil yang kami buat bernama OFest dan juga berhasil menyelesaikan semua tantangan tantangan yang diberikan oleh kakak-kakak mentor….

….Akhirnya berangkat juga.

Apa itu Eksplorasi?

…sebenernya males ngejelasinnya–

but basically..

Eksplorasi adalah sebuah perjalanan ekspedisi yang kamu sering lakukan setiap tahun. biasanya hampir semua perjalanan ekspedisi yang kami lakukan, kami sendiri yang urus. Dari nyari dana, sampai nyari tempat.

udah si. jelasinnya sampe situ aja. pokoknya ngerti kan-


sehari sebelum berangkat ke Pulau Harapan, Pada malamnya aku mulai menyiapkan semua barang keperluanku selama di pulau untuk 4 hari 3 malam.

Aku langsung pergi mencari tasku yang biasa aku pakai untuk kegiatan kegiatan outdoor. saat akhirnya sudah ketemu, kondisi tasku pada saat ditemukan sangatlah… menyedihkan (sepertihidupku)Bekas tanah ada dimana mana, ranting ranting kecil dan daun daun kering nyangkut dimana mana. Pada waktu itu aku lupa bahwa terakhir kalinya aku pakai tas itu adalah pada saat aku dan beberapa teman temanku pergi ke gunung loji untuk berkemah disana selama 2 hari 1 malam. Kayaknya saat balik dari situ aku males bersihinnya :9.

Tadinya setelah melihat kondisi tasku aku langsung mager untuk ngebersihin tasnya. Padahal awal awalnya aku udah semangat packing :”. Untuk beberapa menit aku hanya duduk diam di ruang tamuku bersama tas kotorku, bengong dan perlahan lahan kemalasan mulai mengambil alih.

Tapi abis itu aku disadarkan kembali oleh ibuku :P.

Singkat cerita; aku akhirnya mengalahkan kemageran (?) Ku dan langsung bersihkan tasku. Setelah itu, tidak memakan waktu lumayan lama aku sudah selesai packing. Selesai packing, aku berjanji pada diriku sendiri untuk tidur lebih awal dari biasanya.

Tapi bo’ong.

aku malah tidur sekitar..

uh

pokoknya malem.

 


Telad bangun

“kATYA BANGUN KATANYA MAU KE PULAU HA H”

Kalimat itu yang membuat aku langsung terbangun dari tidur nyenyakku. Perlahan lahan aku mengumpulkan nyawaku sambil berusaha mikir apa yang membuat ibuku teriak pagi pagi.

Otomatis aku ambil hpku, menghiraukan omelan ibu dan langsung mengecek jam. Pada saat bersamaan, sebuah peringatan dari hpku muncul.

05:30 A M | ” B E R A N G K A T E K S P L O R A SI”

Astojim.

“uDAH JAM SEGINI. KOK NGAK NGEBANGUNIN MAK.”

tanpa basa basi, aku langsung sambar handukku lalu berlari ala Naruto ke kamar mandi.

Karena waktu yang sudah makin mepet, aku hanya mandi keciprat keciprut. Saking bentarnya aku tidak sempat untuk berjoged joged didalam kamar mandi :((.

Setelah itu, semuanya pada grusak grusuk. Ehe.

Rencananya mau berangkat sekitar jam 4, eh bangun telat. rencananya mau berangkat sendiri atau ngak di antar bapak, eh satu keluarga malah ikutan nganter.

ya.. gitu.

 


Dah telat bangun, telat dateng juga.

Dari rumah, kita berangkat menaiki GrebKar ehe. ke Stasiun Bogor. Sebenernya bisa aja aku langsunh masuk karna aku punya kartu sendiri dan masih ada isinya. Tapi karena Ibu dan adikku jarang naik kereta dan ngak punya kartu kereta, mereka perlu beli tiket dulu. Ya sebenernya bukan masalah besar si, tapi pada waktu itu aku sudah telat banget ditambah lagi dengan harusnya mengantri untuk beli tiket kereta untuk kedua mahluk.

Setelah beberapa menit, akhirnya kami masuk dan langsung menaiki kereta yang arahnya ke Jakarta kota. Awal awalnya kereta masih terlihat sepi, tapi pas sudah sampai di Citayam..

..Astojim(2).

Ntah totalnya jadi berapa kali aku berdiri, terus duduk lagi setiap melewati stasiun (mayan, olahraga). Tapi pada saat kereta berhenti di stasiun Manggarai, banyak penumpang turun dari kereta. Lega~~

Aku menemukan tempat duduk kosong dan langsung mengambil kesempatan emas itu untuk tidur :9.

Tak lama kemudian, kami akhirnya sampai di stasiun Jakarta kota. aku dan keluarga ku langsung menuju ke pelabuhan sunda kelapa menaiki taxi yang sedang mangkal di sekitar stasiun.

Saat memasuki pelabuhannya, kami sempat nyasar dan bingung dimana tempat ngumpulnya. Tapi setelah bertanya sana sini, akhirnya ketemu juga.

Mobil berhenti di sebelah sebuah kapal besar, terlihat tulisan besar “Sabuk Nusantara 66” yang tertempel di kapal tersebut. Di depannya, Kak Shanty dan Kak Opal juga terlihat sedang menunggu seseorang yang datang terlambat :P.

Akupun langsung turun dengan tas beratku dan langsung pamitan dengan keluargaku.

Di dalam, aku langsung di soraki oleh anak anak yang mengikuti perjalan eksplorasi tahun ini karena keterlambatan ku :”) (Maapkan daku kawan kawan.). Ditemani dengan Tata, aku turun ke ruang istirahat untuk menaruh tasku dan juga mengumpulkan oleh olehku untuk diberi kepada keluarga-keluarga inang disana yang telah aku siapkan sehari sebelum hari keberangkatan.

Perjalanan ke pulau memakan  waktu sekitar.. 3 jam-an. sebelumnya,  kami juga dikasi tugas sampingan untuk mewawancarai penumpang disana. ditengah ngerjain tugas tersebut, aku tiba tiba merasa lemas dan susah fokus. Padahal sebelum aku datang, aku sudah agak baikan. Aku berusaha untuk menutupinya dengan candaan candaan garingku namun ketauan oleh Ratri. :^


aKHIRNYA SAMPAI

Tak lama kemudian, kapal berhenti bertanda kami akhirnya sampai di pelabuhan Pulau Kelapa~

Sebelum kami semua turun, kami sempat mengadakan briefing pendek sekalian menerima kartu pengenal kami bagi kami yang tidak ikut eksplorasi taun lalu :^. Setelah selasai briefing, Satu persatu kami turun dan tanpa basa basi kami langsung lanjut menyebrang ke Pulau Harapan dengan berjalan kaki.

Ngak sampe 15 menit si sebenernya. Tapi bagiku, nyebrang dari Pulau Kelapa sampai Pulau harapan dengan berjalan kaki mayan memakan waktu. Mungkin karna keberatan kali ya? (Keberatan beban idup.) rtu pengenal kami bagi kami yang tidak ikut eksplorasi taun lalu :^. Setelah selasai briefing, Satu persatu kami turun dan tanpa basa basi kami langsung lanjut menyebrang ke Pulau Harapan dengan berjalan kaki.

Di tengah jalan, kami sempat berhenti di pinggir jalan untuk duduk dan istirahat sebentar. Aku pada saat itu lansung mengeluarkan botol minum besar ku dan hampir meminum habis setengahnya.

Setelah kami semua sudah pada seger lagi, kami lanjut perjalanan kami ke sebuah tempat atau juga bisa disebut TK Paud. Sampai ditempat, kami semua disambut dengan hangat oleh guru guru yang ngajar di sekitar sana. Tempatnya tidak terlalu besar, hanya sebuah gedung seukuran rumah yang didalamnya dihiasi dengan bermacam macam gambar kartun. ucul deh (≧ω≦). kalo ngak salah, tempatnya juga dipakai buat PKBM juga. karena katanya gedung PKBM lagi di bangun :D.

Didalam, tersedia dua meja panjang dengan kursi kursi kecil mengelilinginya. Kami semua langsung dipersilahkan duduk dengan gelas gelas plastik berisi jus berjejer rapih di depan mata. Kliatannya seger bet, liatinnya aja dah bikin adem.

Tidak lama kemudian, kami juga di sajikan berbagai macam makanan ringan diikuti dengan sambutan hangat dari sang Pak Aji!.

foto

Setelah kami semua sudah merasa semangat lagi dan juga tidak mau merepotkan mereka kami pun melanjutkan perjalanan kami ke tempat selanjutnya~

“Taman Nasional Kepulauan Seribu di Pulau Harapan”

Itu yang tertulis di atas gerbang dari sebuah gedung kantor berlantai dua. Pada saat itu kami semua sudah pada ngos ngosan dan berekeringat ngak karuan. Mungkin merasa kasian(?), kakak kakak mentor langsung menyuruh kami untuk masuk ke gedung tersebut.

Didalam terdapat space yang mayan luas dan ada beberapa sofa yang mengisi pojok pojok ruangan. Sebagian dari kami ada yang langsung tumpuk tumpukan di sofa dan ada juga yang langsung tepar di lantai.

Cuaca pada waktu itu… baaaahhhhh panasnya minta ampun !! Sampai di tempat aku langsung meminum abis air botol minum ku, tapi tetep aja masih merasa gerah ಥ⌣ಥ.

Tapi wajah kami langsung berbinar binar saat kakak kakak mentor mulai membawa masuk beragam macam makanan karna ternyata sudah memasuki waktu makan siang (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧.

Kami semua langsung berbaris dengan rapih dan mengambil makan siang secara bergantian.

Setelah aku mengambil makan siang ku, aku langsung duduk di lantai bersama Ratri dan Anja yang tak lama kemudian di susul oleh Adiva. Kami berempat bercanda sana sini sambil perlahan lahan menghabiskan makanan kami.

Selesai makan, aku langsung buang sisa makanan ku ke tempatnya lalu pergi untuk mengambil minum. Karena gelas plastikku ketinggalan dirumah (ΘεΘ;), Anja dengan baik hati mau meminjamkanku gelasnya. Baiknyaaa ´ ▽ ` )ノ.

Setelah kami semua selesai makan, kakak kakak mentor mengarahkan kami semua untuk berkumpul didepan gedung kantor supaya Kak Niar bisa memperkenalkan keluarga keluarga inang kami selama di Pulau Harapan. (Kak Niar orangnya gaul sangad.)

Aku yang tadinya sedang menikmati minuman nutrisari dinginku langsung dengan cepat menghabiskannya lalu berkumpul bersama yang lain.

Sekitar..5 menitan? Ntahlah. Kak Niar selesai dan satu persatu dari kami mulai dipanggil untuk berkenalan bersama keluarga inang kami. Tapi??? Kok tinggal tersisa grupnya Adiva ???

Ternyata keluarga inangnya Adiva DKK, Masih dirumah ( ಠ◡ಠ ). Bersama Ibu Sulha, ibu dari aku, Anja dan Abel kami ber-9an jalan bersama sama karna kebetulan rumah kami deket! Hanya beda 2-3 rumah~~

Setelah mengantar grup Adiva ke rumahnya, aku dengan Anja dan Abel lanjut ke rumah kami.

Ibu Sulha berhenti tepat di depan sebuah warung, diikuti dengan kami 3 anak yang mengokorinya seperti anak bebek.

“Rumahnya dimana bu?”

Ternyata warung didepan kami ini adalah rumahnya Ibu Sulha, tempat yang akan kami tinggali selama 4 hari kedepan !

Ibu Sulha langsung mengajak kami semua untuk masuk, aku melapaskan sepatuku lalu mengikuti Ibu Sulha ke dalam.

Macam macam jenis jajanan digantung di dinding rumah Ibu Sulha. Terlihat juga dua kulkas panjang berdiri di samping pintu masuk, penuh dengan minuman minuman dingin. Hampir seluruh pojok ruangan penuh dengan berbagai macam barang yang dijual oleh Ibu Sulha.

Lalu kami duduk bersama dan mengobrol sambil mengenal satu sama lain supaya bisa lebih dekat.

Sambil mengobrol berbagai macam hal, Ibu Sulha tiba tiba menyuguhkan kami Dodol yang terbuat dari rumput laut dan juga manisan. Tentu saja dengan cepat aku langsung melahap beberapa dodol buatan Ibu Sulha itu.

 

Dalam seumur hidupku aku ngak pernah sama sekali nyobain yang namanya manisan (ΘεΘ;). jadi bagiku, menyobanya untuk pertama kalinya adalah pengalaman baru untukku (⊙ヮ⊙).

WhatsApp Image 2017-12-01 at 3.49.10 PM
Manisan~

 

Lalu setelah itu kamipun melanjutkan percakapan seru kami sambil nyemil dodol dan manisan buatan Ibu Sulha :D.


Eksplorasi Sore (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧.

Setelah ngobrol lumayan lama, Ibu Sulha lalu mengantarkan kami bertiga ke kamar kita (・∀・).

Sampai di depan pintu kamar, terpasang sebuah kelambu berwarna ungu didepannya. Ditambah dengan hiasan lucu terbuat dari macam macam jenis kerang.

Didalamnya terdapat sebuah kasur berukuran mayan besar, saking besarnya hampir memakan setengah ruangan dari kamar berukuran kecil ini :”D. Diikuti dengan sebuah meja kayu dan juga sebuah lemari baju berdiri di sampingnya. Banyak buku buku yang tertumpuk dengan rapih di atas mejanya dan beberapa juga di atas lemari, keknya pemilik kamarnya suka belajar ato ngak baca buku nih (•⊙ω⊙•).

Aku langsung taruh kedua tasku di bawah kolong meja dan mulai mengeluarkan alat alat tulis ku. sekalian eksplorasi sore, kami bertiga setuju untuk juga mulai mengerjakan output kita :D.

sebelum berangkat ke Pulau Harapan, di rumah aku sudah menyiapkan beberapa pertanyaan dibantu oleh ibuku u w u. ..tapi sayangnya kertas pertanyaan yang sudah aku buat.. ketinggalan :”).

anyways, kami bertiga langsung capcus dan langsung menuju ke arah dermaga pulau.

selama berjalan, aku mulai memikirkan pertanyaan pertanyaan baru untuk ditanyakan kepada ibu ibu lokal disana. ngak banyak hal yang terjadi pada hari pertama, tapi aku inget waktu itu aku sempet menemani Abel mewawancarai beberapa orang disana.

ditengah mewawancarai orang, aku dengan tak sengaja bertemu dengan Kak Opal dan Kak Andit. aku menyapanya namun di kacangi :”v.

tak lama kemudian, aku juga bertemu dengan grupnya Adiva dan Ratri (⊙ヮ⊙).

kami semua ngobrol lalu bercanda sana sini sampai sekitar jam 6 sore, batas waktu kami untuk bermain diluar :^.


Makan malam~

sampai di rumah, makan malam sudah disediain oleh Ibu Sulha, terlihat ada Ikan bandeng bakar, sambel, sayur sop, teh manis angat dan lain lainnya. keliatannya enak bet, liatinnya aja dah bikin ngiler ( ´∀`)☆.

kami pun menikmati makan malam pertama kami bersama Ibu Sulha dan anak anaknya.

 

| E N D OF DAY 1 |


Catatan kecil [H – 01]

Perasaan: S E N A N G / E X C I T E D

Pengeluaran:  –

Sampah: –

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: